Tutorial Hello World dan Profil Diri mengganggunakan BlueJ




Tutorial Hello World dan Profil Diri dengan menggunakan app BlueJ


       BlueJ adalah IDE khusus yang dibuat sebagai media pengajaran bahasa pemrograman Java. IDE ini dikembangkan oleh Michael Kölling pada tahun 1999 dan terus dikembangkan sampai sekarang berkat dukungan dari Sun Microsystem (sekarang Oracle) dan University of Kent. BlueJ juga merupakan aplikasi open source dibawah lisensi GNU GPL versi 2. BlueJ dipilih karena cukup ringan, mudah dipahami, ada diagram yang menggambarkan hubungan / keterkaitan antar class, sehingga mudah dipahami. Berikut tutorial membuat hello world dan profil diri menggunakan BlueJ :



1.    Membuat Project Baru
Buka aplikasi BlueJ, lalu buat project baru dengan cara meng klik Project -> New Project. Lalu memberi nama file dan memilih lokasi file.



2.    Membuat Class Hello World dan Class Profile Diri
Tekan tombol New Class  pada bagian kiri atas atau bisa melalui menu Edit -> New Class.




Setelah selesai membuat class profil diri, kita akan membuat class profil diri. Maka tambahkan class baru dengan cara yang sama seperti tadi. Dua class ini akan dibuat saling berkaitan, dengan begitu nantinya akan diberi tanda panah antar UML.



3.  Membuat Program
     Klik "Hello World" pada class yang sudah dibuat, lalu akan muncul tampilan source code, kemudia hapus dan mulai code yang kita inginkan. Lalu, lakukan step yang sama pada class "Profil Diri". Berikut merupakan source code untuk hello world dan profil diri.

         helloword.java


    Profildiri.java



4. Menjalankan Program
    Setelah membuat program, lalu compile masing masing code untuk mengetahui letak error dan dapat memperbaikinya. Setelah tidak ada sintaks yang error, close tab kedua class. Kemudian pada class "Hello World" klik kanan, dan akan muncul method, lalu klik void main (String[] args) dan klik ok. 




    Maka akan muncul output program dengan tulisan Hello World yang berisi profil diri. 


Sekian dan Terimakasih :)





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 9 MPPL C - Resume Start-Up

Tugas 10 MPPL C : Manajemen Komunikasi

Tugas 5 MPPL C 2020