Tugas 9 MPPL C - Resume Start-Up

Review K-Drama Start-Up


    Start-Up menceritakan kisah orang-orang di dunia perusahaan startup tentang perjuangan bisnis anak muda untuk merintis perusahaan baru. Seo Dal Mi (Bae Suzy), karakter utama film ini bermimpi menjadi Steve Jobs dari Korea. Dia seorang petualang yang tidak memiliki banyak harta, tetapi memiliki rencana besar untuk dirinya sendiri. Dia juga memiliki pengalaman dalam berbagai pekerjaan paruh waktu dan merupakan orang yang memiliki vitalitas tinggi.

    Sementara Nam Do San (Nam Joo Hyuk) adalah pendiri Samsan Tech. Dia pernah menjadi kebanggaan keluarganya sebagai seorang jenius matematika, tetapi selama dua tahun terakhir, perusahaannya tidak pernah menguntungkan.

    Seo Dal Mi mengingatnya sebagai cinta pertama yang keren. Antara Dal Mi dan Do San lantas saling menyemangati dan mereka memutuskan untuk memulai sebuah startup dengan harapan mengubah kesalahpahaman.

    Drama ini juga bercerita tentang Han Ji Pyung (Kom Seon Ho) yang memulai perusahaan rintisan untuk melunasi utangnya. Seorang pemimpin tim di SH Venture Capital ini memiliki keterampilan investasi yang menakjubkan dan lidahnya yang tajam membuatnya mendapat julukan Gordan Ramsay dari Korea. Meskipun dia jahat bagi kebanyakan orang, dia lebih lembut dari siapa pun kepada satu orang istimewa yang memberinya bantuan besar di masa lalu.

    Ada pula CEO Won In Jae (Kang Han Na), memiliki semua yang dihormati masyarakat seperti latar belakang pendidikan, penampilan cantik, dan uang. Namun latar belakangnya terbilang buruk. In Jae lalu melakukan semua yang dia bisa lakukan untuk menciptakan kesuksesan sendiri. In Jae berusaha bangkit dan membangun kesuksesannya sendiri dengan mendirikan sebuah startup.


Pelajaran berharga  yang dapat diambil dalam drama start up ini :

- Gelar bukanlah segalanya

    Karakter Seo Dal Mi yang diperankan oleh Bae Suzy adalah sosok perempuan lulusan SMA. Meskipun begitu, Dal Mi bisa menjadi CEO Samsan Tech dan Cheonmyeong Company berkat perjuangannya. Seo Dal Mi mampu bersaing dengan lulusan Universitas ternama. Terbukti pula Ia memenangkan Sandbox’s Demo Day dan terpilih jadi CEO di program Hackathon Sandbox.

- Belajar mencoba hal baru dan berani ambil resiko

    Start Up mengajarkan Seo Dal Mi dan timnya, menang dan kalah adalah hal biasa. Hal terpenting adalah pengalaman. Terlihat pada episode 15 Start Up, Cheonmyeong Company yang mengikuti tender (ajang mencari tawaran mitra kerja sama) di bidang kemudi secara otomatis. Modal percaya diri dan berani, tak disangka Cheonmyeong Company berhasil merebut tender tersebut.

- Jangan takut kritik

    Karakter ‘pedas’ Han Ji Pyeong yang diperankan oleh Kim Seon-ho juga menjadi sorotan dalam drama 16 episode ini. Sebagai mentor dari Samsan Tech, Han Ji Pyeong sering memberikan kritikan pedas secara blak-blakan di depan tim Samsan. Terkadang kritikan darinya membuat tim Samsan bersedih, namun hal ini dianggap baik oleh Seo Dal Mi.

    Bagi Seo Dal Mi, kritikan adalah sebuah proses untuk menjadi lebih baik. Ketika Han Ji Pyeong mengkritik kinerja dirinya, Seo Dal Mi menjadi sosok yang tidak takut untuk evaluasi diri. Terlihat pada adegan di mana Samsan Tech membuat proposal modal kerja, Han Ji Pyeong mengkritik isi pembagian saham per anggota. Keesokkan harinya, Seo Dal Mi menjadi sosok yang lebih tegas sehabis dikritik mengenai kinerjanya sebagai CEO oleh sang mentor. Dal Mi menjadi sosok yang tidak ragu mengambil keputusan dan tidak mudah terpengaruh dengan perasaan pribadi, serta perasaan anggota Samsan Tech yang lainnya.

- Berusaha semaksimal mungkin dan pantang menyerah

    Berperan sebagai wanita mandiri, dua kakak beradik, Seo Dal Mi dan Seo In Jae menunjukkan kuatnya mereka dalam mengejar mimpi. Walaupun menjadi bagian dari keluarga kaya, In Jae tidak patah semangat untuk meraih kesuksesan dalam bidang bisnis tanpa koneksi dari keluarga Ayahnya. Ia melakukan banyak cara untuk meraih koneksinya sendiri.

 Temuilah Mentor yang ahli

    Tak dapat dipungkiri, sosok Ji Pyeong sangat berpengaruh pada berkembangnya Samsan Tech. Pada pemilihan mentor tiap perusahaan, Dal Mi memilih Han Ji Pyeong sebagai mentor Samsan Tech. Terlihat dari progres yang dimiliki Samsan Tech, meskipun kerap kali mendapat kritikan pedas, Samsan Tech berhasil menjuarai berbagai kegiatan program Sandbox.

Memiliki sosok mentor yang ahli sangat berpengaruh pada kinerja perusahaan. Tidak hanya mengarahkan perusahaan terkait pengambilan keputusan, serta memberi pengetahuan dalam dunia bisnis, bahkan mentor yang ahli di bidangnya dapat menjadi support system suatu perusahaan.

- Teamwork merupakan kunci sukses perusahaan

    Pelajaran berharga selanjutnya dari Start Up adalah team work. Start Up memberi tahu para penikmat bisnis bahwa support system dalam suatu tim perusahaan sangat berpengaruh pada berkembangnya perusahaan. Memiliki orang yang berkompetensi tentu akan membuat tim bisnis menjadi lebih sulit. Seperti pertemanan solid antara Samsan Tech dan mentornya, Han Ji Pyeong, serta Samsan Tech dengan Seo In Jae.

- Tidak menyesal terlalu lama

    Sebagai sosok yang mandiri, Dal Mi juga menjadi sosok yang berani dan tidak takut mengambil keputusan. Pada episode pertama, Ia terpengaruh oleh kehadiran kakaknya, Seo In Jae, yang telah sukses menggarap bisnis. Dal Mi bertanya-tanya, apakah ia salah memilih hidup bersama Ayahnya? Namun, penyesalan tersebut berhasil ditepis dengan baik oleh Seo Dal Mi. Ia bangkit dan merasa senang memutuskan hidup bersama Ayahnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 10 MPPL C : Manajemen Komunikasi

Tugas 5 MPPL C 2020